120 peserta dari 22 Negara ikuti Indonesian Camp 2021 FIB Unpad

Pada tanggal 5 – 13 Desember 2021 Fakultas Ilmu Budaya Unpad melalui Pusat Bahasa BIPA menyelenggarakan Indonesian Camp 2021 yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini mendapat antusiasme yang luar biasa; diikuti oleh 120 orang peserta yang berasal dari 22 negara.  Kegiatan ini merupakan bagian dari Program World Class University, khususnya berkaitan dengan keterlibatan mahasiswa asing dalam proses pembelajaran di FIB Unpad.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unpad, Prof. Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., Ph.D. , Indonesian Camp akan menjadi agenda rutin FIB yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dan terbuka untuk para pemelajar, pemerhati, dan pecinta bahasa, sastra, dan budaya Indonesia di berbagai negara. Acara ini diharapkan menjadi sarana promosi dan diplomasi FIB, Unpad, dan Indonesia kepada masyarakat dunia.

Sebanyak 120 peserta Indonesian Camp 2021 datang dari 22 negara, yaitu Jepang, Ruwanda, Mesir, Pakistan, Afganistan, Laos, Vietnam, Polandia, Peru, Thailand, Tanzania, Tiongkok, Singapore, Rusia, Jordan, Belgia, Bangladesh, India, Azerbaizan, Philipina, Hongkong, dan Yaman.

Berdasarkan informasi dari Ketua Pelaksana yang sekaligus ketua BIPA Unpad, Dr. Moch. Irfan Hidayatullah, selama sembilan hari para peserta Indonesian Camp 2021 mendapat materi yang berkaitan dengan Introduction to Bahasa Indonesia, Introduction to Indonesian Literature, dan Introduction to Indonesian Culture dari dosen-dosen Prodi Sastra Indonesia.

Beberapa peserta mengungkapkan kesannya setelah mengikuti Indonesian Camp 2021. Svetlana dari Rusia menyatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan karena suasana saat belajarnya dirasakan ramah dan riang gembira. Menurutnya, meski sudah 30 tahun mempelajari Indonesia, namun melalui acara ini banyak hal baru tentang musik, budaya, dan sastra yang baru ia ketahui. Ia juga menyatakan senang berkenalan dengan teman baru dari berbagai penjuru dunia.

Sementara itu, Kishor Kumar Das dari India menyatakan terima kasih atas kesempatan untuk dapat mengikuti acara Indonesian Camp. Menurutnya acara ini sangat bermanfaat memperkaya dan menambah pengetahuan tentang bahasa, sastra, musik, sinema, dan makanan. Ia juga merasa senang karena dapat bertemu dengan teman baru sesama pecinta Indonesia dari berbagai negara.

Pada tanggal 13 Desember 2021, acara Indonesian Camp resmi ditutup oleh Wakil Dekan I FIB Unpad, Dr. Lina Meilinawati Rahayu, M.Hum. Beliau mengungkapkan apresasi atas antusiasme dan semangat peserta selama Indonesian Camp 2021. Menurutnya, semoga antusiasme dan semangat ini juga terus berlanjut dalam Indonesian Camp tahun selanjutnya, maupun dalam pembelajaran daring dan luring di BIPA FIB Unpad.